Rangkuman Materi Aljabar SMP Kelas 7 Semester 1
Siap! Berikut adalah rangkuman materi Aljabar untuk SMP Kelas 7 Semester 1, disusun padat dan mudah dipahami untuk kegiatan bimbel maupun belajar mandiri.
🧮
Rangkuman Materi: Aljabar
📚
Matematika SMP Kelas 7 Semester 1
1. 🔤 Pengertian Aljabar
- Aljabar
adalah cabang matematika yang menggunakan huruf/simbol untuk mewakili bilangan yang belum diketahui
nilainya.
- Huruf
ini disebut variabel.
📌
Contoh:
Jika jumlah dua bilangan adalah 10 dan satu bilangan adalah xxx, maka bilangan
lain adalah 10−x10 - x10−x.
2. 🧱
Unsur-Unsur Aljabar
- Variabel: huruf yang mewakili bilangan
(misal: x,y,a,bx, y, a, bx,y,a,b)
- Koefisien: angka di depan variabel
(misal: pada 3x3x3x, 3 adalah koefisien)
- Konstanta: bilangan tetap (tidak
memiliki variabel)
- Suku: bagian dari bentuk aljabar,
dipisahkan oleh tanda + atau −
📌
Contoh:
4x+7−2x4x + 7 - 2x4x+7−2x
→ Variabel: xxx
→ Koefisien: 4 dan -2
→ Konstanta: 7
→ Suku: 4x4x4x, −2x-2x−2x, dan 7
3. 🔄 Operasi Aljabar
a.
Penjumlahan & Pengurangan
- Hanya
suku sejenis yang bisa
dijumlah/dikurangkan.
- Suku
sejenis: memiliki variabel dan
pangkat yang sama
📌
Contoh:
3x+5x=8x3x + 5x = 8x3x+5x=8x
7a−2a=5a7a - 2a = 5a7a−2a=5a
b.
Perkalian
- Gunakan
hukum distributif:
a(b+c)=ab+aca(b + c) = ab + aca(b+c)=ab+ac
📌
Contoh:
2(x+3)=2x+62(x + 3) = 2x + 62(x+3)=2x+6
c.
Pembagian
- Bagi
koefisien dan variabel jika memungkinkan
📌
Contoh:
6x3=2x\frac{6x}{3} = 2x36x=2x
4. 🧩
Penyederhanaan Bentuk Aljabar
- Gabungkan
suku-suku sejenis
- Terapkan
hukum distributif dan sifat operasi
📌
Contoh:
2x+3x−5+x=6x−52x + 3x - 5 + x = 6x - 52x+3x−5+x=6x−5
5. ❓ Pemecahan Masalah Aljabar Sederhana
- Menggunakan
aljabar untuk menyelesaikan soal cerita
- Menyusun
persamaan dari informasi
📌
Contoh:
Ani membeli 2 buku dan 3 pensil. Harga satu buku xxx, pensil yyy.
Total harga: 2x+3y2x + 3y2x+3y
6. 🧠
Tips Penting
- Gabungkan
suku sejenis → variabel & pangkat harus sama
- Koefisien
bisa negatif
- Hati-hati
tanda saat mengurangkan
- Aljabar
sering muncul dalam soal cerita (modelkan dulu)
0 comments